MENAPAKI JEJAK MUHAMMAD AL FATIH DAN THARIQ BIN ZIYAD FOR ADINDA AZZAHRA TOUR



Niatku, Taat pada perintah Allah.
“Dan hendaklah kalian berjihad di jalan-Nya”
Semangatku, Berupaya dalam kesungguhan
dalam melayani agamaku, agama Allah
Tekadku, Aku akan tekuk lututkan orang-orang kafir
dengan tentaraku, tentara Allah
Pikiranku, Terpusat pada pembebasan atas kemenangan
dan kejayaan dengan kelembutan Allah
Jihadku, dengan jiwa dan harta dan apa yang tersisa di dunia
setelah ketaatan pada perintah Allah
Kerinduanku, perang dan perang, ratusan ribu kali
untuk mendapatkan ridha Allah
Harapanku, pertolongan dan kemenangan dari Allah,
dan ketinggian Negara ini atas musuh-musuh Allah
(Puisi ini dikutip dari buku Muhammad Al Fatih 1453, Felix Y Siaw)
“Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat merubah dunia. Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda maka akan aku goncangkan dunia. Begitulah ungkapan sang inspirator bangsa Ir.Soekarno sebagai penyambung lidah masyarakat Indonesia yang dapat menggambarkan kekuatan seorang pemuda mengguncang dunia. 
(Sumber: httpwww.ulamaku.com201712biografi-sultan-muhammad-al-fatih-sang-penakluk-konstantinopel.html)
“Si Pedang Malam” Seorang pemuda yang  mengubah sejarah peradapan islam di tanah Eropa. Sang pemimpin laskar Islam penakluk benteng super power imperium Byzantium, Konstantinopel dan menjadi inspirasi pemacu cambuk semangat juang para pemuda Islam di dunia dialah Sultan Muhammad Al Fatih.
Seorang pemuda berusia 21 tahun, seorang sultan Turki Utsmani sang ahli Qiyamul Lail yang menaklukkan Kekaisaran Romawi. Seorang pemimpin yang hebat, pemberani, sholeh dan tawadhu' setelah Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (pahlawan Islam dalam perang Salib) dan Sultan Saifuddin Mahmud Al-Qutuz (pahlawan Islam dalam peperangan di 'Ain Al-Jalut melawan tentara Mongol). Si Pedang Malam telah diprediksi oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya: “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]. Berkat jasa Muhammad Al Fatih Islam berpendar cahayanya selama 500 tahun di bumi Eropa sejak abad ke-15.
(Sumber: httpskeajaibanislam.wordpress.com20120916muhammad-al-fatih-sang-penakluk-konstantinopel-1453)
Namun kini kejayaan Turki Ustmani telah runtuh. Salah satu penyebab keruntuh Turki Ustmani adalah perebutan kekuasaan antara putra-putra Sultan tuk menggantikan Sultan Sulaiman. Turki yang awalnya berdasarkan kesultanan Islam kini tlah berubah menjadi Republik Turki yang dipimpin presiden pertama Mustafa Kemal Ataturk yang berprinsip Sekularisme dan Nasionalisme.
Sebagai generasi muda Islam, mengenang dan menilik sejarah kejayaan peradapan Islam di benua Eropa merupakan hal yang sangat menarik. Benua dengan minoritas penduduk muslim yang menjadi magnet para turis dunia karena kemegahan dan keindahan arsitekturnya. Benua yang  menjadi bukti sejarah kejayaan peradapan Islam di masa lampau.
Salah satu negara Impian bagi turis muslim dunia adalah Turki. Negara yang menjadi bukti kejayaan Muhammad Al Fatih sang penakluk Byzantium, Konstantinopel. Al Fatih mengganti nama Konstantinopel menjadi Islambul (Islam keseluruhannya). Kini nama tersebut telah diganti oleh Mustafa Kemal Ataturk menjadi Istanbul.
Ada beberapa bangunan dan monumen sejarah yang wajib dikunjungi oleh turis muslim dunia ketika mengunjungi Negara Istanbul Turki yang menjadi saksi bisu kejayaan Muhammad Al Fatih yaitu :  
  1. Museum Hagia Sophia / Aya Sofya
 (Sumber: httpwww.detailsoftemples.comhagia-sophia-history-facts-significance)
              Tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan muslim di Turki ialah Hagia Sophia. Bangunan yang berdiri tahun 537 sebagai Gereja Kristen Ortodoks masa Byzantium telah dialihfungsikan menjadi Masjid karena kejayaan Sultan Muhammad Al-Fatih dalam menaklukkan Konstantinopel. Hingga kejatuhan kerajaan Turki Utsmani pada tahun 1931, Ayasofya lalu ditutup selama 4 tahun, kemudian dibuka lagi menjadi Museum sebagai lambang sekularisme Republik Turki. Bangunan ini sangat terkenal karena keindahan interiornya dan kemegahan kubah utama yang berdiameter 31m. 
(Sumber: httpshu.wikipedia.orgwikiF%C3%A1jlIstanbul.Hagia_Sophia075.jpg)

              Hal yang paling menarik dalam bangunan ini adalah lukisan Bunda Maria pada salah satu kubahnya, sementara di sekelilingnya ada tulisan Allah dan Muhammad dalam huruf Arab. Sebagai bekas masjid, ornamen seperti mihrab dan mimbar yang cantik masih terjaga dengan baik. Sementara sebagai bekas gereja, lukisan mozaik yang menggambarkan suasana kerajaan Byzantium pada waktu itu juga masih terawat dengan baik. 


(Sumber:httpswww.weloveist.comsanctified-legends-hagia-sophia)

          Subhanallah... melalui saksi bisu Hagia Sophia sejenak kita dapat mengenang dan membuktikan Islam pernah berjaya di Turki.

2. Masjid Sultan Ahmed / Blue Mosque

(Sumber:httpwww.detailsoftemples.comsultan-ahmed-mosque-history-of-blue-mosque-turkey)


            Didirikan pada tahun 1609 oleh Sultan Ahmed I. Masjid ini dibangun untuk menandingi bangunan Hagia Shopia hasil karya kaisar Bizantium. Masjid yang terletak di Sultanahmet Square yang berada di sisi Eropa memiliki satu kubah utama, enam menara, dan delapan kubah kecil. Bagian dalam masjid ini sangat memukau dan menyejukkan mata dengan lampu-lampu indah yang menggantung di langit-langit masjid

3. Istana Topkapi


(Sumber: httpwisatalova.comwisata-istana-topkapi-istanbul-turki)


                Istana Topkapi merupakan saksi bisu kejayaan Sultan Muhammad al-Fatih dan menjadi kediaman keluarga Sultan dari tahun 1465 hingga 1856. Istana Topkapi yang awalnya menjadi kediaman sultan, lokasi acara kenegaraan hingga hiburan bagi keluarga kerajaan telah berganti sebagai museum setelah keruntuhan Kerajaan Turki Utsmani. kompleks ini banyak menyimpan peninggalan berharga dari dunia Islam mulai dari: tongkat Nabi Musa A.S., jubah dan pedang Nabi Muhammad S.A.W., kaligrafi, ornament kerajaan, hingga foto-foto Sultan Turki Utsmani. Saat berkunjung ke negeri Sultan Al-Fatikh mengunjungi Istana Topkapi merupakan hal yang wajib, karena wisatawan akan merasakan suasana kediaman Sultan dan melihat peninggalan berharga Islam.

4. Masjid Suleymaniye


(Sumber:httpwisatalova.commasjid-raya-sulaimaniah-di-istanbul-turki)


               Masjid terbesar dan termegah di Istanbul ini dibangun atas perintah Sultan terbesar Kerajaan Turki Utsmani yaitu Sultan Suleyman the Magnificent. Masjid Suleymaniye terletak di Bukit Ketiga (Third Hill). Masjid ini merupakan perpaduan arsitektur Byzantium dan Islam yang dihiasi menara setinggi 72 meter dan merupakan menara tertinggi dari semua masjid di Istanbul, dan dilengkapi kubah berdiameter 26 meter. Menaranya memiliki 10 galeri yang menandakan bahwa Sultan Suleyman I adalah Sultan kesepuluh dari Kerajaan Turki Utsmani. 

5. Makam Sultan Mehmet II

(Sumber: httpyayasancbi.blogspot.co.id201111sultan-muhammad-al-fatih-sang-penakluk.html)


            Berwisata di Turki tanpa mengunjungi makam “Si Pedang Malam” bagai sayur tanpa garam. Sebagai generasi muda Islam hendaknya kita mengenang dan meneladani Sultan Muhammad al-Fatih dengan mengunjungi makamnya yang terletak di Istanbul Turki.

6. Ephasus Ancient City


(Sumber : httpspremiumtravel.nettoursephesus-tour-kusadasi-selcuk)

         Ephesus adalah kota kuno terbesar di Turki. Kota ini dibangun oleh Kaisar Claudius dan selesai dibangun pada tahun 117 SM. Kota ini menyimpan sejarah panjang yang selalu menarik perhatian. Konon kabarnya, kota ini pernah hilang karena gempa bumi. Awalnya Ephesus merupakan kota kuno Yunani yang direbut pada masa Kerajaan Romawi. Di kota ini ditemukan sebuah perpustakaan besar bernama Perpustakan Celcus Ephesus. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar ketiga pada masanya dan mampu menampung 12.000 gulungan buku. Hingga saat ini, pilar-pilar yang terletak di depan perpustakaan tersebut masih berdiri tegak dan kokoh. Selain perpustakaan, dalam kompleks ini terdapat sebuah theatre yang sangat besar dan dikenal dengan Grand Theatre. Bangunan theatre ini berbentuk setengah lingkaran dengan tiga undakan yang berada pada sebuah punggung bukit.
              7. Cappadocia 
          
(Sumber : httpstourketurki.wordpress.com)
             Cappadocia negeri dongeng yang menjadi impian dan destinasy favorit wisatawan dunia di Turki. Hanya di Cappadocia wisatawan dapat menikmati keindahan kota bawah tanah dari langit dengan menaiki balon udara.  Keindahan alam Negeri Si Pedang Malam berupa bangunan bebatuan terkemas dalam bebatuan unik yang luar biasa menakjubkan.
              8. Grand Bazaar
(Sumber: Youtube)            
           Merupakan pasar tradisional yang wajib dikunjungi wisatawa muslim di negeri Muhammad Al-Fatih. Pasar tradisional dengan arsitektur megah berupa labirin dengan lorong-lorong panjang dan bercabang menjadikan penelusuran di dalamnya menjadi sangat menantang. Tak jarang banyak wisatawan muslim tersesat atau bingung ketika keluar di pintu yang berbeda. Oleh-oleh khas yang dapat kita beli di Grand Bazaar yaitu bumbu-bumbu ala Turki Ottoman Spices, karpet Turki, dan berbagai perhiasan dan ornament khas Turki.
Beranjak dari keelokan dan kemegahan arsitektur negara “Si Pedang Malam.” Sejarah kejayaan peradapan Islam di Eropa tak henti menawarkan keindahan arsitektur bangunan sebagai saksi bisu kejayaan Islam. Yah negara Andalusia, salah satu wilayah otonom Spanyol bagian selatan yang menjadi salah satu wilayah di Eropa yang memiliki catatan sejarah peradapan kejayaan Islam. Siapa sangka di negara Spanyol, negara dengan mayoritas penduduk Non-Muslim memiliki kenangan indah sejarah peradapan kejayaan Islam.
 (Sumber: httpwww.republika.co.id)
Siapakah pemimpin hebat, pemimpin muslim yang berhasil menaklukkan tanah Eropa Andalusia? Dialah Thariq bin Ziyad seorang jendral dari dinasti Umayyah sang pemimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus pada tahun 711 M. Setelah Musa bin Nushair membuka jalan pasukan Islam ke Eropa, Thariq bin Ziyad menyempurnakannya dengan menaklukkan Andalusia atas perintah al-Walid bin Abdul Malik (khalifah Bani Umayyah). Thariq membawa pasukan Islam menyeberangi selat Gibraltar menuju daratan Eropa.
Thariq bin Ziyad pemimpin muslim yang menjadi panutan bagi pemuda muslim dunia dengan keberaniannya dan semangat juang membela agama Allah dengan membawa 12.000 pasukan muslim melawan pasukan kerajaan Visigoth dipimpin oleh Raja Roderick yang membawa 100.000 pasukan. Dilihat dari jumlah pasukan, mustahil bagi pasukan Thariq bin Ziyad untuk menang tetapi karena kegigihan dan kesolehannya beliau mengobarkan semangat juang pasukan muslim
Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian: Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran” Ucap Thariq bin Ziyad.
Atas izin dan ridha Allah SWT. pasukan Thariq bin Ziyad berhasil mendapatkan kemenangan dan menaklukkan Negara Andalusia. Tanah Eropa Andalusia yang awalnya sedang dalam masa kegelapan (dark age), Islam datang bagai lilin yang bersinar menyelimuti kegelapan, kini Andalusia menjelma menjadi kota seribu cahaya. Peradapan Islam telah berjaya dan sinarnya benderang menyinari tanah Eropa. Islam membawa banyak ilmu pengetahuan baik di bidang sains, filsafat, bahasa, teknologi, seni dan budaya. Pada masa itu, Andalusi menjadi pusat pengetahuan, penduduk Andalusia banyak yang menjadi muallaf dan menganut agama Islam, toleransi beragama antara Muslim, Yahudi, dan Kristen terjalin dengan baik.
“Siapakah bapak matematika jenius penemu angka nol dan penemu konsep Al-Jabar?”
Tentu jawabannya Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi seorang muslim.
“Siapakah ahli astronomi yang menemukan bahwa bumi berotasi dan mengelilingi matahari dan ahli berbagai bidang fisika, matematika, georgrafi, farmasi dunia?”
Tentu jawabannya Al-Biruni seorang muslim.
“Siapakah bapak kimia modern pertama yang mengetahui zat asam organic dan menciptakan buku-buku terkenal tentang ilmu kimia yang mengguncang pengetahuan dunia?”
Iya dialah Jabir bin Hayyan seorang muslim.
“Dan siapakah bapak ahli dibidang kedoteran Islam yang pertama kali menemukan cara pengobatan dengan menyuntikkan cairan ke dalam kulit dan penemu obat penyakit dalam?” 
Ya, dialah Ibnu Sina seorang muslim.
Sayangnya masa keemasan dan  kejayaan Islam di tanah Eropa tak kekal hanya bertahan 8 abad lamanya. Dan kini terbesit tanya yang tersirat dibenak kita, Mengapa hari ini Islam seakan tidak pernah ada di Spanyol? Mengapa peradaban Islam di Andalusia / Spanyol saat ini hilang bak ditelan bumi? Mengapa hari ini Islam menjadi kaum minoritas di negeri Spanyol? Apa yang menjadi penyebab kehancuran kejayaan peradaban Islam di Andalusia?.
Penyebab jatuhnya peradaban Islam di Andalusia yaitu ketika Kerajaan Granada (Istana Al-Hambra) yang dipimpin oleh Abu Abdillah Muhammad Ash-Shagir telah jatuh di tangan aliansi kerajaan Kristen di Andalusia. Kala itu Abu Abdillah Muhammad Ash-Shagir meninggalkan istana dengan penuh linanagan air mata, hatinya pilu dan dadanya sesak. Sesampainya beliau di bukit yang cukup tinggi beliau menatap Istana Al-Hambra, cucuran air mata tak henti membasahi wajah dan jenggotnya. Sang ibu, Aisyah Al-Hurrah, yang berdiri di samping anaknya berkata:
“Menangislah! Menangislah seperti perempuan! Karena kau tak mampu menjaga kerajaanmu sebagaimana lelaki perkasa.”
Dalam buku “Kebangkitan Islam di Andalusia” karya Ahmad Mahmud Himayah menyatakan bahwa ada 3 penyebab keruntuhan peradapan Islam di Andalusia.
1.      Perpecahan umat Islam
2.      Cinta dunia dan takut mati kaum muslimin terutama anggota keluarga kerajaan Andalusia.
3.      Memudar/ hilangnya peran ulama saat itu


Menurut DR. Raghib As-Sirjani seorang Sejarwan Islam, beliau pernah menanyakan kepada hadirin dalam pembahasan sejarah Islam di Andalusia Spanyol. “Apakah kalian tahu siapa Ziryab?” tanya DR. Raghib. Suasana saat itu hening para hadirin merasa asing dengan nama Ziryab. “Ziryab adalah salah satu faktor besar yang menyebabkan kejatuhan peradaban Islam di Andalusia, Ziryab adalah seorang penyanyi Baghdad yang sangat terkenal yang mempunyai guru besar musik bernama Ibrahim Al-Maushili. Sejak kecil Ziryab dididik menjadi pemusik yang menyanyikan lagu-lagu melenakan. Keindahan lantunan suara Ziryab semakin hari membuatnya terkenal, sehingga Ibrahim Al-Maushili iri padanya” ujar DR. Raghib.
Ibrahim Al-Maushili membuat sebuah rencana agar Ziryab pergi dari Baghdad dan tidak lagi menyaingi popularitas gurunya. Berbagai hal Ibrahim lakukan untuk membuat Ziryab pergi dari Baghdad. Akhirnya Ziryab memutuskan untuk pergi ke negara yang sangat masyhur kala itu yaitu Negeri Andalusia. Dengan bekal alat musik, syair-syair puitis dan pengetahuan tentang hikayat. Ziryab yakin akan mendapatkan nama besar di Andalusia” ujar DR. Raghib.
“Setibanya Ziryab di negeri Andalusia, masyarakat tidak mengetahui nyanyian dan musik. Ketika Ziryab melantunkan suara merdu nyanyian diiringi musik yang melenakan, masyarakat sangat kagum dan takjub padanya. Tak hanya nyanyian Ziryab juga mengajarkan not-not nada kepada generasi muda muslimin, hingga menjauhkan mereka dari pelajaran Al-Quran dan ilmu-ilmu agama. Bahkan Ziryab juga mengajarkan seni mode, pakaian musim panas, musim dingin, musim semi dan musim gugur, bahkan ada model pakaian khusus untuk setiap moment yang bersifat khusus maupun umum” kata DR. Raghib As-Sirjani.
Akhirnya masyarakat Andalusia mengganti tradisi keilmuannya dengan budaya syair dan nyanyian. Jumlah penyanyi semakin banyak di Andalusia dan  budaya tarian mulai menyebar di kalangan wanita. Puncaknya, adalah ketika Ziryab memalingkan majelis-majelis ilmu yang diisi para Ulama, menyeret masyarakat untuk lebih mencintai hikayat palsu tentang raja-raja dan lagu-lagu mendayu yang semakin hari semakin tak jelas maknanya. Itulah mengapa DR. Raghib As-Sirjani menyebut Ziryab sebagai salah satu alasan besar kejatuhan peradaban Islam di Andalusia.

Kini, peradaban kejayaan Islam di tanah Andalusia telah meninggalkan berbagai kenangan dan saksi bisu yang menjadi warisan dunia dan tujuan wisata yang mengagumkan. Sebagai generasi Islam masa kini, menelusuri jejak langkah Thariq bin Ziyad di negeri Spanyol dengan berwisata dan mengenang kejayaan Islam di Spanyol melalui beberapa bangunan bersejarahnya merupakan sebuah impian yang besar.

1. Mezquita Cordoba


(Sumber: httpsen.wikipedia.)

Mezquita Cordoba merupakan saksi bisu sejarah peradaban kejayaan Islam di Andalusia. Pada awalnya bangunan ini adalah Katedral Visigoth St Vincent, setelah Islam berhasil menaklukkan Andalusia. Pada tahun 784 M, Khalifah Abd al-Rahman I mengubah Katedral menjadi sebuah masjid Cordoba sebagai simbol bahwa Islam telah berhasil menaklukkan tanah Eropa. 
(Sumber: httperopa.panduanwisata.idspanyolmengagumi-keindahan-mezqueta-de-cordoba)
Sayangnya pada abad ke-16 Andalusia jatuh di tangan kerajaan Kristen. Kumandang lantunan merdu adzan yang awalnya menguncang masjid Cordoba berubah menjadi bunyi lonceng gereja. Masjid Cordoba berubah menjadi Katedral Mezquita hingga sekarang. Meski telah berubah menjadi Katedral Mezquita pahatan kaligrafi Al-Quran masih terpajang di dinding mihrab dan UNESCO telah menetapkan Mezquita Cordoba sebagai tempat peninggalan sejarah yang sangat penting di Dunia.
2. Istana Al Hambra

(Sumber: httppemuda.pcmponjong.org645sejarah-adzanistana-alhambra-tempat-tinggal-raja-moor-tempo-dulu-di-andalusia-spanyo)
Istana yang merupakan Simbol puncak kejayaan Islam di Spanyol dibangun pada tahun 1238-1358 M oleh kerajaan Bani Ahmar/bangsa Moor dari Afrika Utara. Alhambra merupakan istana yang berdiri kokoh di bukit La Sabica, Granada, Andalusia, Spanyol. Nama Al-hambra berasal dari bahasa Arab Al-Hambra berarti “yang berwarna merah” dikarenakan seluruh kompleks bangunan istana berwarna kemerah-merahan yang dihiasi ubin-ubin, bata, keramik dan penghias dinding merah.
(Sumber : httpwww.esnalmeria.orgeventsvisit-alhambra-trip-granada)
Istana ini dilengkapi taman dengan bunga indah nan harum bak taman bunga di surga yang dilengkapi air mancur dihiasi 12 patung singa melingkar yang dikelilingi 128 tiang marmer dan taman ini dikenal dengan sebutan Hausyus Sibb atau Taman Singa. Tulisan "La Ghalib Illalah" yang berarti "tak ada kemenangan kecuali karena Allah" terpatri di dinding istana.
 3. La Giralda
(Sumber : httpswww.dreamstime.com)
La Giralda merupakan menara bersejarah di Spanyol yang didirikan pada abad ke 12 di Sevilla. Ketika Islam dalam masa keemasan, kumandang merdu adzan selalu terdengar di puncak La Giralda untuk mengumpulkan kaum muslim mendirikan sholat 5 waktu. Tapi kini kumandang adzan di La Giralda hanya menjadi isapan jempol, kini yang terdengar bukan suara muadzin sang penyeru adzan tapi berubah menjadi suara lonceng penyeru bagi umat Katolik. Masjid Sevilla juga tlah tertelan bumi dan berubah menjadi Katedral Sevilla yang menjadi katedral terbesar ke tiga di dunia setelah Katedral St. Paul di London dan Basilika Peter di Roma.
Kini masa kejayaan Islam di negeri Eropa telah runtuh. Kejayaan Muhammad Al-Fatih dan Thariq bin Ziyad telah menjadi kenangan yang terpatri dalam jiwa pemuda muslim. Terkadang terlintas rasa rindu yang tak tergambarkan tuk melihat kemegahan dan kejayaan Islam masa lalu. Terlintas rasa rindu tuk mendengar lantunan adzan di tanah Andalusia yang kini tlah sirna dan berganti dentuman lonceng. Terlintas rasa rindu akan cahaya Islam yang berpendar di seluruh dunia.  Yah ..meski kini Islam menjadi kaum Minoritas di tanah Eropa semoga suatu saat nanti Islam akan kembali menuai kejayaan layaknya kejayaan Muhammad AL-Fatih dan Thariq bin Ziyad. Dan semoga peristiwa ini akan menjadi tauladan kaum muslim untuk mempererat tali persaudaraan, saling menguatkan dan memperkokoh keimanan kepada Allah SWT.
Menginjakkan kaki di negeri Muhammad AL-Fatih dan menelusuri jejak langkah kejayaan Thariq bin Ziyad kini menjadi mudah berkat jasa Adinda Azzahra Tour & Travel. Sebuah agen travel yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi muslim untuk berwisata halal di tanah Eropa dan Paket Umroh dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap. Selain itu Adinda Azzahra Tour & Travel juga menyediakan wisata muslim Korea, Mesir,Jerussalem dll. Jika anda ingin beribadah dan menjelajahi sejarah peradapan muslim di dunia segera hubungi Adinda Azzahra Tour & Travel.
Kantor Pusat
Adinda Azzahra Tour & Travel
Jalan Selat Bali No. 5 Blok E 11 Kavling AL
Duren Sawit, Jakarta Timur – Indonesia.
021-8660 5394 / 0818 753 826
0812 9563 6373 / 0813 8512 7171
Email: contact@adindaazzahra.com
Follow Sosial Media (Sosmed)
FB : Adinda Azzahra Tour
IG : adindaazzahra_tour

 
 Sumber:
https://www.dakwatuna.com/2015/03/17/65866/fakta-penting-tentang-berakhirnya-islam-di-andalusia/#axzz5G6kuQBhT
https://backpackology.me/2015/05/24/menjelajahi-keunikan-dunia-islam-di-istanbul-telah-diterbitkan-oleh-publicapos/amp/
http://www.cheria-travel.com/2015/01/merekam-jejak-peninggalan-islam-di-istanbul-turki.html?m=1



 

















 





 

Komentar

  1. Wah, informasinya sangat bermanfaat ukhti.....lanjutkan. semangat :) !!!!!

    BalasHapus
  2. Iya terimakasih Septia ๐Ÿ˜Š...ayo kamu juga nulis blog ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  3. Wahhh terimakasih infonya ukhti.. teruskan bagikan informasi yang bagus bagus ukhti.. semangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama semoga bermanfaat bagi kita semua ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  4. Waahh bermanfaat sekali informasinyaa ukhtii

    BalasHapus
  5. Muhammad Al fatih, sosok yang luar biasa... ๐Ÿ‘

    BalasHapus
  6. Masya Allah. Subhanallah. Allahu Akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sebagai muslimah perbanyaklah dzikir ya far...yuk sering baca sejarah Islam biar ilmunya bertambah ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  7. Muhammad Al Fatih telah membuktikan hadist nabi Muhammad SAW tentang penaklukan konstantinopel, MasyaAllah informasi nya ukhti, berkah selalu tulisannya.. Semoga menjadi amal jariyah ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu guru, Muhammad Al Fatih merupakan sosok pemuda inspirasi muslim seluruh dunia ya ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  8. Masyaallah..sangat bermanfaat ukht atik

    BalasHapus
  9. Masyaallah..sangat bermanfaat ukht atik

    BalasHapus
  10. waaaah daebak :D , Atik aku tidak menyangka kamu bisa membuat tulisan seperti ini :* , akhirnya sekolah bertahun-tahun ada manfaatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kan diajari Bu Norma sg ws ahli ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  11. MasyaAllah sangat bermanfaat sekali ilmunya bu guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita selalu menjadi org yg bermanfaat bagi orang lain ya di ๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘

      Hapus
  12. Bermanfaat sekali tulisnya, semoga termotivasi utk menulis lagi yg lebih keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...kamu juga ikutan nulis toh Ar ๐Ÿ˜…

      Hapus
  13. MasyaAllah.. sangat menambah pengetahuan.. terimakasih ukh ๐Ÿ™

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat informasi nya semangat lanjutkan karya-karya selanjutnya darimu ukhti
    Kutunggu karya-karya inspirasi selanjutnya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip ๐Ÿ‘... kutunggu juga karya tulisanmu Zul ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  15. MasyaAllah. Sosok yang Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  16. Nice��
    Semoga kita bisa berkunjung ke turki ya:")
    Melihat sejarah islam disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...semoga suatu saat nanti Allah mengabulkan doa kita ya tik ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‚

      Hapus
  17. Nice.. sangat mengisnpirasi sekali.. semoga bisa berkunjung. Wisata sekaligus belajar :))

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Aww so useful information..i'll be there in sha allah ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Fitri...l hope we can reach our dreams In shaa Allah ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  20. MasyaAllahh Muhammad Al Fatih, I like this. Syukaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...Al Fatih memang inspirasi bagi pemuda muslim ya nin ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  21. MasyaAllah.. Dari awal tulisan sudah mendegudkan hati pemilihan kutipan buku yang sangat keren ๐Ÿ‘ good job bre ๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih masukan Dan saranya Anib๐Ÿ˜Š

      Hapus
  22. Terus berkarya dgn menyajikan sejarah islam, budaya islam, peradaban islam, dan mengenal para tokoh islam yang bisa menjadi suri tauladan. Tulisan yg sgt menarik untuk dibagi sesama muslim agar mengenal islam lebih dalam ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. In shaa Allah ya nib ...menulis untuk belajar dan bermanfaat bagi orang lain ๐Ÿ‘

      Hapus
  23. MasyaAllah, sangat bermanfaat ilmunya ukh ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Des ...seneng dengernya ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  24. MasyaAllah.. jadi nambah pengetahuannya๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  25. Lanjutkan, sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga selalu bisa berbagi ilmu dg sesama ya ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  26. Waaaooo sangat menginspirasi nih

    BalasHapus
  27. MasyaAllah ilmu yang sangat bermanfaat๐Ÿ’•

    BalasHapus
  28. Sangat Bermanfaat sekali ๐Ÿ˜˜ Makasih Fatma sudah memberikan informasi yang menarik dan juga bagus.

    BalasHapus
  29. Masya Allah, Muhammad Al Fatih inspirasi para pemuda muslim. Nice bermanfaat sekali ukhti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita sebagai pemuda muslim bisa mentauladani Al Fatih dan Thariq bin ziyad ya Vi ๐Ÿ˜

      Hapus
  30. Ajari aku menulis seperti itu mbok aticcczz :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok Sinau bareng mereka...mben tambah pinter ๐Ÿ‘

      Hapus
  31. Makasih infonya. Sangat bermanfaat. Ditunggu postingan selanjutnya yaa ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap...semoga bisa selalu memberikan manfaat bagi org lain ya mir ๐Ÿ‘

      Hapus
  32. Nice info kak, lanjutkan! :D

    BalasHapus
  33. Wahh sangat bermanfaat infonya ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah aamiin semoga bisa selalu berbagi ilmu ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  34. Wahh sangat bermanfaat infonya ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  35. MashaAllah terimakasih kak infonya♡ semoga istiqomah menulis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doanya kak...semoga bisa selalu berbagi dan bermanfaat bagi sesama ya kak

      Hapus
  36. Keren , Bermanfaat sekali ini min

    BalasHapus
  37. Subhanallah.. luar biasa.. sangat bermanfaat sekali... semoga pahala nya semakin bertambah. Kalau ingin menambah pahala lagi sering2lah menraktir teman pada saat bulan puasa. Niscaya allah swt akan melipatgandakan pahala puasamu��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ide yg bagus tuh kak nraktir temen ๐Ÿ˜ kapan kapan bisa dicoba tuh ...

      Hapus
  38. Saran sis, kalau mempublikasi gambar disertakan sumbernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sarannya sis๐Ÿ˜Š...sudah saya cantumkan sumber gambarnya coba dicek lagi postingan saya ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  39. Siippp..


    Dudu siiplah minuman sari apel...๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih mbak...kalo Siiplah minuman sari apel mah nyegerin buat buka puasa ๐Ÿ˜…

      Hapus
  40. sungguh sosok yang luar biasa dan menginspirasi.. tetap semangat atik semoga semakin sering memposting tulisan yang bermanfaat dan menambah wawasan seperti ini.. fighting!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu ke Muhammad Al Fatih dan Thariq bin ziyad memang sosok tauladan umat Islam ๐Ÿ˜...Aamiin doain yak๐Ÿ˜

      Hapus
  41. Sosok yang luar biasa, harus di jadikan panutan bagi pemimpin masa kini.
    Lanjutkan tik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke pak tentara...kamu juga harus mencontoh Muhammad Al Fatih dan Thariq bin ziyad ya..supaya jadi pemimpin yang keren pak ๐Ÿ‘

      Hapus
  42. Atikk. Sangat bermanfaatt. Sukses selaluu ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terima kasih Zum...semoga selalu bisa bermanfaat ya

      Hapus
  43. Semoga kita keturunan kita bisa meniru keteladanan beliau ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  44. Wah sangat bermanfaat sekali informasinya kak, terimakasih banyak kak๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  45. Lanjutkan terus kawan, sukses pokoknya๐Ÿ’“

    BalasHapus
  46. Ceramahnya mantap bu. Nyoba ceramah langsung bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak ...kapan kapan ya kak minta doanya ๐Ÿ˜

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Subhaanallah... Bagus banget... Nanti dik Tiara diajari ya, mbk Fatma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah makasih Tiara ๐Ÿ˜...Yuh belajar bareng biar ilmunya tambah+ imannya juga tambah

      Hapus
  49. Masha Allah, wah..sangat menginspirasi dan bermanfaat sekali informasinya, atik, teruslah berkarya, tik, selalu semangat dan sukses..

    BalasHapus
  50. Soccer Betting Odds | 1xBet korean ✔️ legalbet.co.kr
    Soccer betting odds on soccer 1xbet korean betting with 1xbet korean. Learn more about soccer betting odds with 1xbet เธซเธฒเน€เธ‡ิเธ™เธญเธญเธ™เน„เธฅเธ™์ korean. Learn ๋ฐ”์นด๋ผ ์‚ฌ์ดํŠธ more about soccer betting odds with 1xbet korean.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM-MACAM GAYA RENANG KELAS 5 SD

MARI BERKARYA SENI....!!!

GREEK YOGURT TINGGI PROTEIN, KENYANGNYA BERNUTRISI